UPT KPH Belu, CU Kasih Sejahtera Dan Pemda Belu Hijaukan Lingkungan Di Area Destinasi Wisata

Kamis (22/2/2024) sekitar pukul 14:00 WITA, Pemda Belu, UPT KPH Belu dan CU Kasih Sejahtera melakukan aksi penanaman pohon di Sabanase, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di kabupaten Belu. Letaknya tidak jauh dari kota Atambua, hanya sekitar 8 Km.

Kegiatan sosial yang diinisiasi oleh UPT KPH Belu dan CU Kasih Sejahtera ini dilakukan dalam rangka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-16 koperasi CU Kasih Sejahtera. 

Hadir dalam aksi penghijauan ini Uskup Keuskupan Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KGEH, FINASIM, dan FORKOPIMDA Belu serta utusan anggota CU Kasih Sejahtera dari tiga Kabupaten, TTU Belu dan Malaka. 

Jenis tanaman yang ditanam di lokasi Sabanase yaitu antara lain jambu kristal, mangga harum manis, klengkeng, jambu air citra dan jambu bold, dengan total jumlah tanaman 1000 pohon.

Ketua CU Kasih Sejahtera Romo Siprianus Tesmau, Pr dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertema "PEDULI BUMI SEBAGAI IBU KITA BERSAMA," ia akan bertanggung jawab bersama anggota CU Kasih Sejahtera agar tanaman yang sudah ditanam ini akan dirawat dan disiiram sampai menghasilkan buah. Kami juga menyampaikan terima kasih berlimpah kepada UPTD KPH Wilayah Kabupaten Belu yang sudah bersedia menyediakan anakan ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Johanes Masukin Bullin, S.Hut, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengelolaan Hutan UPTD KPH Belu, inisiatif baik kegiatan Rehabilitisi Hutan dan Lahan (RHL) berupa penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi air tanah dan juga berfungsi untuk menahan erosi atau sedimentasi yang terjadi saat musim hujan karena lokasi ini berada persis di atas bendungan Rotiklot, yang akan membuat bendungan cepat penuh dengan sedimentasi.

Sementara Uskup Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr, menghimbau agar seluruh umat di pulau Timor bisa mempunyai semangat menanam, mengingat iklim hari ini semakin panas dan ia akan terus bersama umatnya menghijaukan bumi khususnya di daerah TTU, Belu dan Malaka.

Sekitar pukul 16:00 WITA setelah melakukan kegiatan penanaman, seluruh unsur pemerintah daerah dan Anggota CU Kasih Sejahtera kembali ke tempat tinggal masing-masing.

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "UPT KPH Belu, CU Kasih Sejahtera Dan Pemda Belu Hijaukan Lingkungan Di Area Destinasi Wisata"