BLOG Sebagai Catatan Digital Bagi Guru Dan Siswa Yang Tidak Menyita Waktu, Tenaga Dan Biaya

Teknologi hanyalah sebuah alat, teknologi merupakan sebuah media yang digunakan untuk membantu mempermudah dan meringankan pekerjaan guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam praktik pembelajaran yang telah saya dilakukan di kelas, media teknologi yang saya gunakan saat pembelajaran adalah blog. 

Blog adalah bentuk aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan pada sebuah halaman web yang mana tulisan-tulisan tersebut akan muncul di beranda google sehingga dapat dengan mudah diakses oleh siswa sebelum dan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. 

Blog lazimnya disebut juga catatan elektronik atau catatan digital. Blog sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena blog sebagai media penyampaian informasi materi pelajaran dalam bentuk tulisan/artikel, video, gambar, power point, LKPD, soal test bentuk google form dan materi ajar. 

Dalam kaitannya dalam pembelajaran di kelas, siswa diharapkan dapat dengan cepat dan mudah mengakses semua bahan-bahan yang telah disediakan oleh guru di dalam blog agar proses pembelajaran di dalam kelas dapat menarik, tidak membosankan, juga tidak menyita waktu, tenaga dan biaya. 

Hal ini penting karena terdapat keterkaiatan antara instrumen pembelajaran yang disiapkan dengan teknologi yang membutuhkan kesiapan siswa lebih awal. Pada saat guru membagikan link materi pembelajaran kepada siswa, maka siswa dapat mengakses dengan cepat. Pada kegiatan ini guru mendekatkan kegiatan pembelajaran dengan siswa berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Guru sudah harus berupaya membuat platform blog yang diisi dengan kebutuhan belajar siswa seperti tulisan/artikel, video, gambar, power point, LKPD, soal test bentuk google form dan materi ajar, maka siswa akan dapat dengan mudah mengakses dan mengarsipkannya pada buku catatan dan mencetaknya dalam bentuk hardcopy sebagai bagian dari proses persiapan sebelum kegiatan pembelajaran. 

Pada bagian ini sebenarnya ada peran siswa yang begitu besar agar siswa menyiapkan instrumen pembelajaran dengan baik yang telah guru rancang dan sediakan pada media teknologi blog. Apalagi jika siswa juga memiliki blog maka siswa cukup mengcopy materi ajar yang diberikan oleh guru dan mempastekan di blognya. Jadi hal ini akan menghemat waktu dan tenaga sehingga siswa tidak meringkas lagi pada buku catatan secara manual menggunakan tangan atau tenaga manusia.

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "BLOG Sebagai Catatan Digital Bagi Guru Dan Siswa Yang Tidak Menyita Waktu, Tenaga Dan Biaya"