Kadis P Dan K NTT Tekankan DISIPLIN Saat Buka Kegiatan Hardiknas Dan FL2SN Tingkat SMA Di TTU


Kamis, 25 April 2025 bertempat di SMAN 2 Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diselenggarakannya lomba dalam rangka memeriahkan Hari Penddikan Nasional (Hardiknas) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) yang puncaknya nanti pada tanggal 02 Mei 2024.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provins NTT Ambrosius Kodo, S.Sos, MM, Koordinator Pengawas SMA/SMK/SLB Dra. Elvira B.M Ogom,  Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. TTU Yohanes G. Amsikan, Pengawas Dikmen, Ketua MKKS SMA/SMK Kab. TTU Hilarius Sau, S.Pd, M.Pd, para kepala sekolah SMA/SMK, undangan dan para peserta didik dari 29 SMA se-Kab TTU.

Kegiatan menyongsong Hardiknas ini berpusat di SMAN 2 Kefamenanu dan akan terlaksana pada Kamis, 25 April 2024 hingga Sabtu, 27 April 2024.  

Dalam sambutannya Kepala Dinas P dan K Provinsi NTT Ambrosius Kodo, S.Sos, MM, ajang ini agar dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan pontensi dan bakat dari masing-masing kita, siswa/siswi SMA se-Kabupaten TTU. Kata kunci di dalam pengembangan minat dan bakat adalah semangat yang ada pada diri sendiri. Guru, pendamping itu memfasilitasi, tetapi siswa/siswi adalah kunci, bisa tidak bakat dan potensi itu didorong untuk dimunculkan di permukaan sehingga dibutuhkan kerja sama yang baik. Tidak bisa masing-masing berjalan sendiri.

Mantan Kepala BPBD Provinsi NTT ini menekankan bahwa untuk membangun pendidikan, mengerjakan apa saja, untuk kesuksesan, untuk keberhasilan kata kuncinya cuma satu yaitu disiplin. Hanya orang disiplin yang bisa bicara tentang sukses, hanya orang disiplin yang bisa bermimpi tentang sukses. Yang tidak disiplin jangan bicara tentang sukses. 

Jadi harus berdisiplin. Disiplin masuk kelas, disiplin belajar, disiplin mengerjakan tugas-tugas, disiplin berlatih, dan disiplin mengikuti perintah guru atau pembimbing. 

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa disiplin itu membentuk karakter kita. Ada tiga kata kunci dalam pendidikan kita yaitu literasi, numerasi dan pendidikan karakter. Orang pintar, orang cerdas tapi dia tidak berkarakter tidak dibutuhkan oleh negara ini, tidak dibutuhkan oleh masyarakat di manapun anda berada.  

Iapun berharap semua yang terlibat dalam dunia pendidikan untuk berdisiplin. Hal lain yang penting juga dari disiplin adalah contoh dan teladan. Jangan mengharapkan siswa/siswi untuk disiplin kalau kepala sekolah, guru-guru belum disiplin, karena disiplin itu soal keteladanan. 

Sebelum menutup sambutannya, kegiatan Lomba Hardiknas dan FL2SN tingkat SMA se-Kab. TTU dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi NTT.

Video Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan provinsi NTT, Ambrosius Kodo, S.Sos, MM

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Kadis P Dan K NTT Tekankan DISIPLIN Saat Buka Kegiatan Hardiknas Dan FL2SN Tingkat SMA Di TTU"