Taman Ina Bo'i Jadi Ruang Rekreasi Dan Edukasi Bagi Pengunjung

Taman Ina Bo’i merupakan salah satu taman yang terletak di Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman ini memberikan warna tersendiri bagi pengunjung dan pelintas jalan yang melintasi jalan Timor Raya maupun jalan R.A Kartini dengan pesona keindahan dan keunikannya.

Ornamen dari taman Ina Bo’i memperlihatkan Patung Sasando (Alat musik tradisional dari Pulau Rote) yang berukuran besar dengan ketinggian sekitar 6 meter.

Sementara patung Ina Bo’i menggambarkan seseorang wanita yang sementara memainkan alat musik sasando.

Selain itu juga juga di sekitar tugu patung ini, ada enam buah patung yang menghiasi patung utama yaitu penari wanita yang mengelilingi monumen patung tersebut.

Di bagian bawah patung terdapat tulisan besar “Taman Ina Bo’i” dengan kombinasi warna merah dan putih. 

Di samping kiri dan kanan terdapat 3 patung wanita yang sementara memegang nyiru, dan 3 patung di sebelah kanan sedang menari menggunakan salendang.

Bagus sekali tempat ini untuk refreshing, nongkrong, sekaligus mengenal sejarah karena taman ini menampilkan miniatur alat musik tradisional dari Pulau Rote yaitu Sasando.

Ina Bo’i menurut bahasa Rote berarti Ibu tersayang. Biasanya pengunjung datang ke tempat ini untuk berfoto-foto dan nongkrong. 

Tempat yang indah dan menarik ini menjadi tempat favorit masyarakat kota kupang dan pengunjung dari luar daerah untuk singgah sekedar menikmati sajian keindahannya.

Bagi pelintas, ketika hendak melewati jalur Taman Ina Bo’i pasti muncul di benak arti dari taman yang ditengah ada patung Ina Boi dan alat musik sasando di bagian atasnya.

Tanpa melihat dari dekat pun, kita bisa menikmati kemegahan monumen ini dari jalan ketika kita hanya sebatas lewat saja, dan kebetulan mata sempat memandang ke monumen ini, apalagi saat malam hari bisa menikmati Patung Ina Bo’i dengan pancaran cahaya yang indah pada bagian miniatur Sasando.

Area taman ini sangat bersih, tersedia juga tempat sampah di dalam taman ini. Kebersihan dan keindahan taman ini tetap terjaga dan terawat.

Karena lokasi tepatnya di pinggir jalan utama, dengan kondisi tanah yang miring, Pemerintah Kota Kupang yang dipimpin oleh Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore berhasil menata taman ini sebagai icon Kota Kupang bersama dengan taman-taman lainnya yang ada di Kota Kupang

Banyak pepohonan dan bunga-bunga yang ditanam di lokasi taman ini. Tepatnya di persimpangan jalan, kita bisa menikmati pemandangan cantik, udara yang segar, serta melihat arus lalu lintas yang ramai di Kota Kupang.

Menurut Iren salah satu pengunjung, karena saya dari luar daerah Kota Kupang, dan selama ini saya hanya melihat taman Ina Bo’i di media sosial. Sehingga ketika saya ke Kota Kupang, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke taman ini untuk melihat dari dekat keindahan dan keunikan taman ini.

Memang taman ini sangat bagus untuk dipakai sebagai tempat refreshing, foto-foto dan tempat berdiskusi bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan juga biasanya warga masyarakat kota kupang sering berdiskusi di tempat ini, tambahnya.

Semoga taman ini menjadi icon wisata di Kota Kupang. Cukup memuaskan ketika berkunjung di taman ini, dan bisa digunakan sebagai tempat hiburan alternatif masyarakat Kota Kupang selain taman dan tempat rekreasi lainnya. Tetapi jangan lupa merawat dan menjaga taman ini sehingga bisa dinikmati oleh Pengunjung dari mana saja, tutupnya.

Nonton Video Taman Ina Bo'i Kota Kupang, NTT

Penulis: Thom Fallo

2 comments for "Taman Ina Bo'i Jadi Ruang Rekreasi Dan Edukasi Bagi Pengunjung"